Heading To The Ground

Pada minggu pertama, kedatangan kami di Desa Madurejo, aktivitas kami meliputi persiapan pembukaan kembali perpustakaan RCBL. Kami mendata dan mengatur buku-buku hasil sumbangan Civitas Akademika Universitas Budi Luhur yang telah dikumpulkan dan akan diaktifkan untuk keperluan perpustakaan RCBL. 

Tim RCBL menyortir buku-buku yang akan disumbangkan ke Perpustakaan RCBL
Koordinasi Tim RCBL 2 berlangsung menyenangkan
Kami juga mengadakan sosialisasi dengan masyarakat sekitar tentang program-program yang akan kami laksanakan selama kami melaksanakan KKN. Koordinasi ini melibatkan Karang Taruna Desa Madurejo, Gumarang, Ibu-ibu PKK Desa Madurejo, dan sounding ke sekolah-sekolah di Desa Madurejo dan sekitarnya untuk menarik kunjungan masyarakat ke Perpustakaan RCBL. 

Tim RCBL melaksanakan sounding ke sekolah di sekitar Perpustakaan RCBL
Sebelum mulai terjun ke Masyarakat, kami berdelapan mendapatkan kesempatan untuk bersilaturahmi, sowan ke rumah Bapak Djaetun, Pendiri Yayasan Budi Luhur Cakti, di daerah Klaten. 

Tim RCBL 2 bersama dengan Pendiri Yayasan Budi Luhur Cakti
Bagi saya pribadi, ini bukanlah kunjungan biasa, saya memperoleh pengetahuan dan wejangan yang sangat luar biasa dari beliau. Ketika berbincang face to face dengan Bapak, saya merasa lebih dekat sehingga makna cerdas berbudi luhur yang selama ini saya peroleh dari mata kuliah Wawasan Budi Luhur benar-benar dapat saya resapi. Kecerdasan tanpa diimbangi dengan keluhuran budi, akan digunakan untuk merugikan orang lain. Sedangkan Budi luhur yang kita miliki tanpa diimbangi kecerdasan hanya akan membuat keluhuran budi kita dimanfaatkan orang lain.
Selama 2 minggu ke depan, kami berdelapan tidak hanya akan diberi kesempatan untuk mengajar dan mendampingi anak-anak untuk belajar, tetapi juga termotivasi untuk memberdayakan kegiatan kemasyarakatan dan kepemudaan di Desa Madurejo, Sleman, Yogyakarta.
Anak-anak Desa Madurejo sangat antusias mengunjungi Perpustakaan RCBL
Kami tambah bersemangat dalam melaksanakan program-program kami setelah melihat antusiasme sambutan masyarakat terhadap kedatangan kami yang begitu luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar